Peluang Usaha Makanan Anak Sekolah Berprofit Menggiurkan

Bisnis kuliner bisa disebut sebagai “bisnis abadi” karena dari dahulu hingga detik ini bisnis kuliner baik makanan dan minuman tak akan pernah sepi oleh pembeli.

Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, inilah alasan kenapa dari tahun ke tahun usaha makanan semakin ramai saja.

Apalagi wilayah Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumtif paling tinggi di dunia yang membuat peluang bagi kita untuk ikut andil di bisnis makanan ini semakin tinggi. Negara ini juga sangat terkenal dengan banyaknya ragam kuliner di tiap daerah. Apabila kita perhatikan peluang ini bisa dijadikan menjadi bahan dasar “inspirasi” untuk memulai bisnis makanan.

Di daerah perkotaan sudah semakin menjamur berbagai jenis usaha makanan yang disesuaikan dengan minat kawula remaja jaman sekarang. Banyak sekali inovasi-inovasi yang tumbuh di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kalau kita lihat para pelaku bisnis makanan yang sukses, kebanyakan selalu menelurkan “inovasi” yang tiada henti. Mereka tidak meniru tren pasar, sebab selera pasar itu rasio kejenuhannya besar. Maksudnya, sangat mungkin adanya perubahan minat pasar dalam waktu yang sangat cepat. Misalnya, orang jaman dulu tidak menyukai keju. Tapi jaman sekarang? Hampir setiap orang suka, terlebih anak-anak muda. Ini adalah salah satu contoh saja bahwa selera pasar itu tumbuh sangat cepat.

Karena inilah, jika kita perhatikan pelaku usaha yang sukses di bisnis kuliner ini telah merencanakan dengan baik akan seperti apa model usaha mereka ke depannya.

Di hal ini biasa kita sebut dengan “riset pasar”. Pada intinya, riset pasar itu bertujuan agar kita mengetahui karakteristik calon konsumen kita. Sehingga, kita bisa mempersiapkan strategi produk dan cara promosi dengan lebih efektif.

Saya Tidak Punya Pengalaman Pendidikan Memasak, Apa Bisa?
Mungkin inikah yang terlintas di pikiran Anda kalau mau mengambil peluang usaha makanan anak sekolah makanan?

Ya, tak hanya Anda penulis pun juga kadang-kadang memikirkan hal demikian. Tidak hanya usaha makanan saja, namun di setiap bisnispun juga demikian. Apa bisa menjalankan usaha yang kita tidak memiliki pengalaman pendidikan apapun yang berhubungan dengan bisnis kuliner?

Baca juga  Manfaat Mengkonsumsi Ikan Sidat yang Baik Untuk Kesehatan
Jika kita perhatikan, tidak sedikit orang-orang sukses berbisnis kuliner dan mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan memasak sekalipun.

Kami ambil contoh pendiri KFC, siapa sih yang tak tahu dengan fast food ini? KFC didirikan oleh Harland David “Colonel” Sanders.

Harland David memang pensiunan anggota marinir di Amerika Serikat dengan jabatan kolonel. Bahkan beliau memulai bisnis KFCini di umur 60 tahun! Bukan merupakan usia yang muda lagi bukan?

Di antara alasan utama kenapa beliau berhasil menjalankan KFC sampai seperti ini yaitu kegigihan dan passion yang kuat dalam bidang memasak.

Walaupun kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan di bisnis yang akan kita tekuni, namun asalkan kita punya kemauan untuk serius mempelajari maka hal tersebut dapat diatasi.

Jadi, tak ada alasan bahwa kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan dan umur yang masih terlalu muda atau cukup tua untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidak ada istilah telat dalam memulai bisnis, tapi jika kita tidak mempunyai niat dan tekat untuk mengawalinya maka saat itulah kita sudah gagal.

Lalu Apa Saja Peluang Usaha Makanan Anak Sekolah Makanan yang Menguntungkan?
Kalau boleh penulis katakan, sebenarnya semuanya menguntungkan. Sebab semuanya itu mempunyai “pasar” masing-masing.

Misalnya produk makanan A ditujukan untuk anak remaja, akan tetapi tidak sesuai untuk orang tua. Dan mungkin saja produk B pasarnya untuk orang tua namun tidak sesuai untuk anak muda.

Jadi, saran penulis lakukanlah riset terlebih dahulu tentang jenis makanan apa yang akan Anda jual. Riset yang paling utama yakni riset produk,target “market” dan lokasi menjual produk.

Setelah selesei menemukan jenis makanan apa yang ingin di pasarkan dan menentukan lokasi untuk memasarkan produk makanan maka belajarlah memanajemen produksi, pemasaran, dan lain-lain. Sebab lokasi ramai dan produk bagus saja tidak cukup agar makanan yang di jual bisa laku.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-makanan-anak-sekolah/

Usaha Kemasan Kardus yang Menjanjikan

Peluang Usaha Kemasan Makanan
Bisnis kemasan mempunyai prospek yang bagus kedepannya, bahkan tidak ada musimnya. Target pasar dari usaha ini sangat luas, mulai dari brand besar hingga pelaku usaha kecil dibidang kuliner. Tergantung dari sang produsen mau mangacu ke pasar yang mana.

Namun, ada beberapa target yang terlihat mempunyai potensi untuk dimasuki. Seperti pengusaha makanan, minuman, event organizer, ulang tahun, pameran, dan lain-lain.

Sayangnya pengusaha yang bergerak dibidang ini perlu selalu melakukan inovasi dari segi penampilan atau model-model baru , sebab semakin menarik sebuah kemasan maka semakin menarik juga minat pasar untuk membelinya.

Lebih bagus lagi jika sang pelaku usaha memiliki tim desainer dan membuat desain baru yang tidak gampang untuk ditiru.

Kemudian, seperti apakah sebenarnya cara usaha kemasan makanan ini agar bisa mencapai keberhasilan dan menguntungkan? Berikut ulasannya.

1. Pahami Lebih Jauh Tentang Mesin
Selain modal uang, usaha kemasan ini juga memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bisnis sebuah mesin. Karena ini adalah usaha tentang membuat sebuah produk, maka ia memerlukan pengetahuan tentang alat untuk membuatnya. Sebuah alat yang berhubungan dengan usaha kemasan ini adalah mesin. Dan biasanya pada pengadaan mesin inilah para pengusaha mengeluarkan modal paling besarnya.

Bila berbicara mengenai mesin untuk membuat kemasan, umumnya ada tiga jenis mesin yang harus ada untuk membuat kemasan makanan. Ketiga mesin itu yaitu mesin cetak, mesin pemotong, dan mesin lem. Untuk bisa mempunyai ketiga model mesin tersebut, Anda memiliki dua opsi yaitu menggunakan mesin baru atau mesin yang bekas.

Baca juga  Potensi Bisnis Aneka Es Modal Kecil Untung Jutaan
2. Jaring Pasar Terlebih Dahulu
Langkah kedua yang perlu Anda perhatikan dari bisnis kemasan makanan ini ialah mengenai pasar atau pelanggan. Sebab usaha kemasan makanan ini adalah bisnis yang memiliki jumlah produksi yang besar maka didalam produksinya tidak boleh main-main.

Beberapa pengusaha kemasan yang telah sukses menyarankan, agar para pengusaha yang baru menjalani usaha kemasan untuk mencari calon pasar lebih dulu, sebelum akhirnya fokus ke bisnis pembuatan kemasan makanan.

Intinya, pastikan Anda sudah mempunyai pelanggan atau pembeli sebelum Anda betul-betul membuka usaha ini. Hal Ini bertujuan untuk menghindarkan Anda dari kegagalan awal sesudah Anda menggelontorkan sejumlah uang yang besar.

3. Membuat Kontrak Usaha
Formula selanjutnya yang menentukan kelancaran bisnis kemasan ini ialah masalah order. Beberapa pebisnis kemasan yang telah sukses membuat order untuk klien menjadi dua jenis. Yaitu, order berdasar kontrak dan order biasa.

Untuk order yang bersifat kontrak, pebisnis bisa menentukan waktu kontrak minimal enam bulan. Sedangkan untuk order biasa, pengusaha bisa menetapkan minimal order sebanyak 3.000 pieces. Dalam sistem order ini, stock di gudang haruslah dijaga agar ketersediaan barang tetap mencukupi.

4. Dapatkan Kepercayaan Dari Partner Bisnis
Formula terakhir, yang mampu mendukung kesuksesan usaha kemasan makanan ini adalah kepercayaan. Selain kepercayaan dari pelanggan, kepercayaan dari mitra bisnis juga sangatlah penting untuk diperhatikan.

Anda pasti tak bisa memproduksi sendiri bahan dasar untuk produksi kemasan Anda. Anda memerlukan mitra yang dapat diandalkan untuk memasok bahan dasar kemasan tersebut. Nah dari sinilah Anda perlu membangun kepercayaan dengan mitra Anda supaya semuanya berjalan dengan baik dan terkendali.

No comments:

Post a Comment

Manfaat yang Bisa Kita Dapatkan dari Mengkonsumsi Sosis Daging Kambing

Namun, catatan-catatan yang berhubungan dengan sosis baru diketahui melalui sebuah dokumen Yunani Kuno yang ditulis pada abad 5 SM. Setelah ...