Cara Membuat Bakso Rasa Rumput Laut

Sejarah Bakso
Hidangan bakso mempunyai hubungan erat dengan makanan Tionghoa-Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan sebutan ‘bakso’ itu sendiri. Istilah bakso berakar dari kata Bak-So, pengertian bakso pada kamus bahasa Hokkien mempunyai arti ‘daging giling’. Di daerah asalnya yaitu Cina, bakso diolah dari hewan babi, hewan laut dan seterusnya.

Sementara di Indonesia sendiri, karena kebanyakan penduduk Indonesia ialah muslim, maka bakso yang dibuatpun berasal dari daging yang dihalalkan seperti sapi, ikan, atau ayam.

Kebanyakan dari pengusaha bakso yang kita temukan sekarang ini ialah pengusaha yang berasal dari Wonogiri atau Malang. Meskipun, tempat yang saat ini dikenal sebagai sentra pembuatan bakso yaitu Solo dan Malang.

Untuk pedagang bakso yang berasal dari Malang, perlu kita berikan 4 jempol. Mengapa? Karena berkat keuletan dan kegigihan merekalah, kita dapat menyantap lezatnya bakso Malang di rumah, tanpa harus keluar rumah. Karena mereka acapkali menawarkan jualannya di komplek-komplek disekitar kita.

Bakso Malang dan bakso Solo ialah suatu masakan bakso yang dihidangkan dengan cita rasa khas resep Jawa. Bakso yang datang dari China memiliki perbedaan dengan bakso Malang maupun Solo.

Bakso China biasanya dibuat dari daging babi atau makanan laut dan warnanya agak kecokelatan dan memiliki bentuk yang tidak bundar layaknya yang ada di Indonesia. Sedangkan bakso Malang dan Solo dibuat dari daging sapi, sehingga menghasilkan bakso yang khas dengan corak abu-abu dan berbentuk bulat.

Baca juga  Peluang Bisnis Es Krim Cup yang Sangat Menjanjikan
Bakso China biasanya tidak dihidangkan dengan kuah yang melimpah, berbeda dengan kuliner bakso Malang atau bakso Solo yang banyak kita nikmati di Indonesia. Kedua hidangan tersebut baik itu bakso Solo ataupun bakso Malang, pada setiap penyajiannya akan dilengkapi dengan kuah melimpah.

Akhir-akhir ini, cemilan berbahan bakso semakin variatif macamnya, mulai dari bakso bakar, bakso goreng, bakso tusuk, bakso ikan, bakso cumi, bakso ayam serta masih banyak lagi jenis lainnya, tergantung dengan bahan baku yang kita pilih.

Lezat atau tidaknya bakso yang kita bikin, sesuai dengan bahan baku yang kita gunakan. Yakinkan bahwa bahan yang Anda gunakan adalah bahan yang fresh serta bersertifikat halal.

Cara Membuat Bakso Rumput Laut
Bahan Bakso :
· 5 ons daging segar dan beberapa rumput laut
· 50 gr tepung kanji
· 1/2 sendok teh lada bubuk
· 1 sdt garam, sesuai selera
· 1 sdm bawang putih goreng
· 2 sdm bawang merah goreng
· 40 gram es batu, pecahkan
· 2000 ml air

Cara Membuatnya :
1. Masukkan bahan-bahan kedalam baskom. Aduk dengan tangan biasa atau lewat bantuan mixer, misal food processor yang tersedia di Ramesiamesin.com.

Giling daging bersamaan dengan rumput laut beserta bahan-bahannya hingga benar-benar hancur, halus dan tercampur rata. Pemanfaatan alat bantu akan memudahkan kita dalam mengolah bakso dan tentunya lebih menghemat waktu serta tenaga.

2. Jika bahan adonan susah dibentuk maka tambahkan es batu agar mudah dicetak.

3. Didihkan air pada panci besar sampai panas.

4. Ambil adonan kemudian genggam adonan bakso, lalu tekan supaya adonan dapat keluar diantara selah ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan yang sudah keluar dengan bantuan sendok, lalu masukan pada panci air yang telah kita siapkan. Lanjutkan kegiatan ini sampai adonan habis.

5. Dilanjutkan dengan memasak pentol atau bola-bola bakso yang Anda produksi dengan menggunakan panci yang telah kita panaskan dengan api besar, sampai bola-bola bakso nampak mengapung. Akhir dari proses ini adalah mengangkat bakso yang sudah mengapung.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-bakso-rumput-laut/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Tepung Cangkang Telur untuk Pakan Ternak


Apabila Anda akan membuat makanan, maka yang pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahan dasar apa yang perlu Anda gunakan. Jika Anda akan membuat bubur ayam pasti Anda akan terpikir bahan dasar berupa beras. Entah itu beras putih atau beras merah tergantung bubur ayam yang akan Anda masak.

Apabila Anda akan membuat kue donat untuk usaha misalnya, maka akan segera terpikir bahwa bahan dasarnya adalah tepung. Namun Anda tidak bisa sembarangan asal membeli tepung, sebab tepung terdiri dari beberapa jenis.

Untuk setiap jenis tepung mempunyai kegunaan tertentu dan akan lebih maksimal sebagai bahan dasar makanan tertentu. Ada juga tepung yang khusus digunakan sebagai makanan ternak ataupun pupuk aneka tanaman.

Untuk menilai keunggulan bahan dasar tepung dengan akurat memang perlu dilakukan beberapa riset di laboratorium. Sebagai patokan Anda dapat menilai bobot bahan dasar tepung yang akan dipakai dengan memotong atau memegangnya.

Langkah awal yang harus dilakukan untuk membuat tepung yaitu membersihkan bahan dasar tepungnya. Pastikan bahwa bahan baku tepung tidak berisi toksin yang berbahaya. Bahan dasar tepung dapat direndam menggunakan air bersih terlebih dahulu kemudian dikeringkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman dapat disesuaikan dengan keperluan bahan dasar. Jika tahap perendaman bahan baku tepung memerlukan waktu yang lama, sebaiknya air yang digunakan harus diganti setiap 12 jam sekali.

Bahan baku tepung dijemur sampai benar-benar kering dengan kadar air kurang lebih 10%. Setelah dijemur, tahapan berikutnya yaitu tahap penggilingan bahan dasar tepung.

Proses penggilingan bahan dasar tepung bisa Anda lakukan secara sederhana dengan menghancurkannya menggunakan lumping dan alu atau menggunakan alat penepung dari Ramesia. Dengan menggunakan alat penepung dari Ramesia, tepung yang dihasilkan akan sangat lembut dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Ramesia memasok aneka mesin penggiling tepung untuk bahan pangan kering dengan menggunakan disk mill dengan motor penggerak listrik pada mesin penepung.

No comments:

Post a Comment

Manfaat yang Bisa Kita Dapatkan dari Mengkonsumsi Sosis Daging Kambing

Namun, catatan-catatan yang berhubungan dengan sosis baru diketahui melalui sebuah dokumen Yunani Kuno yang ditulis pada abad 5 SM. Setelah ...